Penelitian baru menunjukkan, ibu hamil yang mengonsumsi apel selama masa kehamilan akan melindungi bayinya dari asma dan gejala serupa.

Peneliti dari Belanda dan Skotlandia, yang dipimpin oleh S.M. Willers dari Universitas Utrecht, mensurvei makanan yang dikonsumsi hampir 2 juta wanita hamil dan memeriksa kesehatan paru-paru dari 1.253 orang anak mereka.

Diantara berbagai jenis makanan yang dimakan oleh para ibu hamil, hanya konsumsi apel yang menunjukkan keterkaitan yang konsisten dengan kemunculan gangguan pernapasan dan asma pada masa kanak-kanak, menurut laporantim itu yang diterbitkan di jurnal kesehatan Thorax. Itu adalah penemuan baru, kata Willers di jurnal kesehatan.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi lebih dari empat apel setiap pekan mengalami penurunan risiko gangguan pernapasan sekitar 37 persen dan penurunan risiko menderita asma 53 persen, dibandingkan dengan para ibu hamil yang tidak mengonsumsi satu atau tidak sebuah apel pun setiap pekannya selama masa kehamilan.

Hubungan yang spesifik ditemukan pada apel, dan bukan pada jumlah total buah yang dikonsumsi atau jeruk, jus buah atau konsumsi sayuran, yang pengaruhnya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan dampak spesifik apel, menurut para peneliti, itu mungkin disebabkan oleh kandungan phytokimia apel, seperti flavonoid yang memberikan dampak positif.

Dikutip dari Tabloid NOVA Edisi 6-12April 2009